Jenis dan Cara Kerja Marine Boiler

Perawatan Boiler di Kapal

Jenis Ketel Laut:

4 jenis boiler yang digunakan di kapal dibahas di bawah ini:

(1). Ketel Tabung Asap

(2). Ketel Tabung Air

(3). Ketel Gas Buang

(4). Ketel Komposit

Prinsip kerja:

Marine boiler bekerja dengan prinsip sederhana yaitu perubahan wujud air dari cair menjadi uap dengan memanfaatkan energi panas. Air direbus dalam bejana bertekanan tertutup sehingga uap yang dihasilkan tidak hilang ke atmosfer. Sumber pemanas tertutup dalam tungku terisolasi untuk memastikan bahwa energi panas ditransfer terutama ke air dan bukan ke daerah sekitarnya.

Berbagai boiler digunakan di kapal, tergantung pada ukuran dan jenisnya. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai perbaikan dan perawatan boiler di abi-blog.com. Jenis boiler yang paling umum dipasang di kapal adalah:

Ketel Tabung Asap:

Seperti namanya, asap panas yang dihasilkan di tungku boiler dilewatkan melalui beberapa tabung yang dikelilingi oleh air di drum boiler.

Panas asap di dalam tabung menghasilkan uap. Ketel pipa asap digunakan dalam sistem dengan kuantitas dan kualitas uap yang lebih sedikit. Di sebuah kapal, ketel pipa asap dapat digambarkan sebagai – ketel uap horizontal atau ketel uap dan ketel tabung asap vertikal

Horizontal Smoke Tube atau Scotch Boiler: Ini adalah tipe lama boiler dengan tungku silinder dikelilingi oleh air di dalam shell. Furnace pada boiler jenis ini berpendingin air, berdiameter besar, dan lebih tebal. Hal ini menyebabkan tekanan termal jika boiler tidak dioperasikan dengan benar.

Ketel Tabung Asap Vertikal: Ketel tabung asap vertikal lebih populer dan umum ditemukan di kapal. Dalam susunan boiler ini, tungku berada di bagian bawah boiler dan dilekatkan pada cangkang melalui cincin ogee di bagian bawah.

Tungku dilengkapi dengan refraktori, yang berisi panas yang dihasilkan di dalam tungku dan juga melindungi cincin ogee dari panas berlebih. Ruang bakar dengan tumpukan tabung terletak di atas tungku, di mana asap panas dilewatkan untuk memanaskan drum air. Bagian atas ruang bakar ditopang oleh pelat buhul yang mentransfer tegangan ke cangkang boiler.

Ketel Tabung Air:

Water-tube boilers merupakan generasi ke-2 boiler dengan modifikasi konstruksi dan prinsip kerja dari smoke tube boiler. Pipa-pipa di dalam boiler diisi dengan air, bukan asap, dan karenanya tegangan termal lebih kecil dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh boiler pipa asap.

Jenis boiler ini digunakan di mana permintaan kualitas dan kuantitas uap tinggi. Semua boiler bertekanan tinggi sebagian besar merupakan boiler tabung air dan terdiri dari 3 bagian penting:

Drum air

Drum uap

tabung

Drum air: Terletak di bagian bawah boiler dan membawa air panas. Air yang sama disuplai ke drum uap tempat uap dihasilkan.

Steam drum: Terletak di bagian atas boiler dan dilengkapi dengan pemasangan eksternal dan internal, yang meliputi katup pengaman dan katup penghenti uap (utama dan tambahan), untuk memasok uap ke sistem kapal.

Tabung: Ketel pipa air modern terdiri dari berbagai jenis tabung air dengan fungsi yang berbeda. Jenis utamanya adalah:

Tabung layar: Ditempatkan sebelum pemanas super, tabung ini berdekatan dengan tungku dan menyerap nyala api serta panas gas panas yang dihasilkan. Karena tabung ini langsung terkena panas tungku, diameternya besar untuk mencegah panas berlebih

Tabung superheater: Mereka ditempatkan di belakang tabung layar untuk membawa uap super panas dari boiler

Tabung pembangkit: Tabung ini menghubungkan drum air dan drum uap. Seperti namanya, air panas dibawa ke atas dari drum air ke drum uap tempat uap dihasilkan

Down comer: Tabung down comer memindahkan air yang tidak terlalu panas ke drum air, di mana air dipanaskan di tabung pembangkit sebelum kembali ke steam drum

Prinsip Kerja Water Tube Boiler : Water Tube boiler bekerja berdasarkan prinsip konveksi dan radiasi.

Kebanyakan desain boiler tabung air modern berada dalam kisaran kapasitas 4.500 – 120.000 kg/jam uap pada tekanan sangat tinggi. Banyak ketel pipa air memiliki konstruksi “dikemas” jika minyak dan/atau gas akan digunakan sebagai bahan bakar.

Perbedaan Antara Smoke dan Water Tube Boiler:

Ketel Tabung Asap:

  1. Cocok untuk rentang tekanan rendah
  2. Tekanan termal tinggi
  3. Kualitas dan kuantitas uap rendah
  4. Kurang efisien
  5. Tabung berdiameter besar
  6. Beratnya berat
  7. Risiko ledakan lebih kecil

Ketel Tabung Air:

  1. Cocok untuk rentang tekanan tinggi – 100 bar
  2. Tekanan termal rendah
  3. Kualitas dan kuantitas uap yang tinggi
  4. Sangat efisien
  5. Tabung berdiameter kecil
  6. Ringan untuk kapasitas yang sama
  7. Risiko ledakan tinggi

Ketel Komposit:

Jenis boiler lain yang paling umum ditemukan di kapal adalah boiler komposit, di mana panas buang dari mesin utama atau mesin generator digunakan untuk memanaskan air atau menghasilkan uap. Secara teknis, boiler komposit merupakan integrasi dari boiler gas buang dan boiler berbahan bakar minyak.

Ketel komposit dapat berupa tabung air atau ketel tabung asap yang dibagi menjadi dua bagian yang berbeda. Satu bagian boiler dipanaskan oleh burner dan bagian lainnya oleh gas buang yang dihasilkan oleh mesin kapal.

You also visit us at ZEELASE for more informative blogs.

Ketel Gas Buang:

Boiler dan economizer gas buang adalah unit pemulihan panas dan jenis boiler tabung air. Gas buang dari knalpot mesin digunakan untuk memanaskan air dalam tabung pada suhu tertentu dan membatasi kehilangan tekanan.

Pompa sirkulasi digunakan untuk mensirkulasikan air panas secara terus-menerus di dalam tabung-tabung air economizer.

Ketel uap tambahan berfungsi sebagai pemisah uap untuk seluruh sistem dan dengan demikian tetap panas dan siap untuk memulai secara instan.

Kelebihan steam yang dihasilkan oleh economizer saat mesin induk bekerja pada beban tinggi dibuang kembali ke sumur panas menggunakan steam dump condenser.

Ketel pembuangan dilengkapi dengan register vertikal dari tabung baja ganda yang memiliki insang baja yang dilas pada tabung. Ini memberikan struktur kaku yang kuat dan juga membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh getaran.

Karena gas panas mengalir dari batang ketel untuk memanaskan air, ketel uap yang lengkap rentan terhadap ekspansi termal, yang dikendalikan dengan memasang berbagai tabung dan pelat.

Tube register, tube support, dan tube bends ditempatkan pada arah aliran gas buang. Penyangga tabung dipasang di satu sisi tajuk saluran masuk dan keluar ke balok penyangga. Ujung lainnya tetap bebas dari balok pendukung untuk mengakomodasi ekspansi termal.

For every project, Mirka Financing for Affordable Housing operates on a zero cost basis. We ensure all costs are justified as though each line item – internally and externally – is being initiated and evaluated for the first time. Mirka is a by partnering with local  stakeholders in Manhattan and outer boroughs.. Talk to us if you have a potential site to develop or contact us today and learn about our low income housing

Fondasi boiler dilengkapi dengan footplate, yang juga mendukung struktur dan menyerap ekspansi termal. Untuk penguatan dan dukungan tambahan, penyangga dipasang di sisi atas dengan mata pengangkat yang dibaut ke struktur baja.

An informative writer and researcher at several blogs. If I'm not on my PC, then I'm probably doing some reading!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top